Menyadari popularitas Nintendo Switch selama wabah, Nintendo yang berbasis di Jepang langsung mengeluarkan peringatan kepada setiap pemilik konsol game genggam tentang apa yang harus dilakukan. Akun Twitter dukungan pelanggan Nintendo secara resmi men-tweet peringatan bahwa pemilik Nintendo Switch dapat memperpanjang ‘usia’ perangkat mereka untuk waktu yang lama meskipun jarang digunakan.

Dikutip GameSpot, dalam terjemahannya, Nintendo menyatakan bahwa baterai Nintendo Switch tidak bisa dibiarkan kosong selama enam bulan. Anda disarankan untuk mengisi daya baterai setidaknya sekali setiap enam bulan. Kondisi baterai yang terlalu lama habis dapat disebabkan karena Nintendo Switch tidak digunakan dalam waktu lama atau baterai dibiarkan habis atau sudah lama tidak diisi, sehingga baterai habis.

Nintendo menjelaskan bahwa baterai Nintendo Switch yang habis dan tidak diisi selama enam bulan bisa menimbulkan masalah berupa tidak bisa diisi. Masalah ini dapat dikenali dari fakta bahwa baterai Nintendo Switch tidak terisi bahkan ketika dihubungkan ke pengisi daya dan sumber listrik. Meski begitu, masalah ini rupanya menghantui pengguna Nintendo Switch Lite. Berbeda dengan Nintendo Switch biasa, kotak ritel dilengkapi dengan dok. Aksesori dok berfungsi sebagai bank daya, sehingga Nintendo Switch mengisi daya secara instan saat Anda memasukkannya.

Nintendo Switch di pasar AS harganya $300 atau sekitar Rp 4 jutaan. Toko game online di Indonesia juga sudah mulai menjual konsol Nintendo Switch. Saat diluncurkan pada 2017 lalu, Nintendo Switch dijual dengan harga antara 5 juta hingga 5,5 juta rupiah. Sementara itu harga Nintendo Switch juga bervariasi mulai dari Rp. 300 ribu sampai dengan Rp. 700 ribu.

Toko-toko online seperti BliBli ini juga menjual aksesori pendukung Switch, seperti pengontrol yang disebut Joy-Con. Pengontrolnya sendiri terdiri dari dua bagian yaitu kiri dan kanan. Jika ingin membeli sebagian, harganya berkisar Rp. 600 ribu. Kalau mau beli keduanya harganya sekitar Rp1,1 jutaan.

Tiga Nintendo Switch saat ini beredar di pasar Indonesia. Ketiganya adalah Nintendo Switch (rilis pertama), Nintendo Switch v2 (generasi baru), dan Nintendo Switch Lite.

Nintendo Switch v2 sebenarnya memiliki desain dan spesifikasi yang sangat mirip dengan Nintendo Switch yang pertama. Satu hal yang membedakannya hanya baterainya. Nintendo Switch v2 hadir dengan baterai yang lebih besar.

Sebagai perbandingan, Nintendo Switch pertama dapat memainkan game selama 2,5 hingga 6,5 ​​jam. Sedangkan Nintendo Switch versi dua bisa dimainkan dari 4,5 jam hingga 9 jam. Kesimpulannya, baterai Nintendo Switch v2 benar-benar lebih baik dari generasi pertama.

Ada metode sederhana untuk membedakan antara Nintendo Switch generasi pertama dan kedua. Di bagian belakang perangkat, di bagian bawah logo, Anda akan menemukan nomor model. Nah, nomor model untuk Nintendo Switch generasi pertama adalah HAC-001.

RELATED ARTICLES

Descendants Of The Sun Sinopsis

Descendants Of The Sun Sinopsis

Descendants of the sun merupakan sebuah serial drama korea yang dibintangi oleh  Song Joong-ki, Song Hye-kyo, Jin Goo, and Kim Ji-won yang tayang pada tahun 2016 di KBS2. descendants of the sun merupakan salah satu serial drama korea yang berhasil menjadi hits tak hanya di…